Mengembangkan Potensi Daerah dengan Jurnalisme Positif

PROMOSI DAERAH - Gerbang selamat datang Wonogiri. Peran media dengan konten detail dan bergenre jurnalisme positif sangat dibutuhkan daerah untuk mempromosikan potensinya. (Foto: SMP 1 Wonogiri)

PROMOSI DAERAH – Gerbang selamat datang Wonogiri. Peran media dengan konten detail dan bergenre jurnalisme positif sangat dibutuhkan daerah untuk mempromosikan potensinya. (Foto: SMP 1 Wonogiri)

KABUPATEN Wonogiri memiliki banyak potensi daerah yang dapat dieksplorasi lebih jauh, mulai dari sejarah, budaya, hingga sumberdaya alamnya. Untuk memperdalam proyeksi kedaerahan, kajian dan riset tentang Wonogiri sebaiknya diperbanyak.

Demikian disampaikan Wakil Bupati Wonogiri, Yuli Handoko, saat menerima kunjungan Surakarta Daily, Kamis (27/11/2014), di kantornya. Ia mengajak untuk melihat langsung ke lapangan serta tidak hanya mengandalkan informasi umum. Menurutnya, potensi Wonogiri sangatlah besar. Apabila dikelola sungguh-sungguh, kesejahteraan masyarakat Wonogiri akan meningkat.

Ia menjelaskan, peran media dalam melakukan pemberitaan positif terhadap potensi Wonogiri akan sangat berpengaruh signifikan pada ketertarikan investor atau wisatawan yang ingin berkunjung ke kabupaten paling selatan di eks-Karesidenan Surakarta ini.

Apalagi, sambungnya, pada era informasi seperti sekarang, peran media bukan hanya sebagai penyedia informasi, tapi juga pemberi solusi alternatif untuk membangun perikehidupan yang jauh lebih baik.

Wabup menandaskan, berpikir positif sangatlah dibutuhkan di saat negeri ini masih silang-sengkarut persoalan. Dengan itu, optimisme bisa dibangun. Setelah optimisme itu menguat, kebersamaan pemerintah dan masyarakat akan berujung pada kebaikan bersama. Begitu paparnya.

Chief Expert Surakarta Daily, Albicia Hamzah, menuturkan, kedatangannya tidak lebih membahas potensi Wonogiri yang perlu digali dan dikembangkan lebih jauh. Sebab, selama ini, Wonogiri terkesan kurang agresif merespons dinamika yang ada.

Menurut Albi, silaturahmi Surakarta Daily dan Wakil Bupati Wonogiri diproyeksikan untuk membangun kepercayaan antar-stakeholder yang selama ini dinilai kurang erat.

Setelah melalui pembicaraan hangat dan santai, kedua belah pihak membangun komitmen lisan tentang orientasi membangun Wonogiri lebih baik. Kajian dan perumusan program baru untuk menyelesaikan persoalan lama atau mengkreasi program baru akan disinergikan kemudian. Wabup dengan antusias menyampaikan apresiasinya atas kunjungan Surakarta Daily.

Jurnalisme Positif

Belum lama ini, Pandiva Media mengkreasi Pandiva Media Network (PMN) untuk membangun optimisme masyarakat lokal. Memperkenalkan jurnalisme progresif, konten-konten yang diproduksi PMN bernuansa positif dan fokus pada produksi solusi persoalan daerah.

Menemukan potensi tersembunyi dan mempromosikan potensi yang telah ada menjadikan PMN sebagai jaringan media daerah yang concern pada branding dan inovasi.

Penulisan konten lokal dan detail adalah formula andal pemberi sumbangsih berarti bagi majunya daerah, untuk kemudian berkolaborasi dengan jaringan nasional dan global.

Setiap daerah memiliki potensinya sendiri untuk maju. Setiap daerah mempunyai kesempatannya sendiri untuk hidup lebih baik. PMN menjadi simpul perubahan daerah dengan dedikasi pemerataan dan keadaban bangsa yang bermartabat.

Media-media itu adalah Jogjadaily.com, Surakartadaily.com, Semarangdaily.com, Bantendaily.com, Bogordaily.com, Malangdaily.com, Ternatedaily.com, dan Rembangdaily.com.

Referensi: